Cara mengolah buah zuriat tidak begitu sulit untuk di lakukan. Buah Zuriat ini mungkin masih asing di telinga sebagian orang.  Namun hal ini tidak berlaku bagi mereka para jamaah haji ataupun jamaah umrah, buah zuriat tentu tidak asing lagi bagi mereka.

Buah zuriat ini juga sering di sebut sebagai buah Adam Hawa. Buah yang di kenal dengan nama latin Hyphaene Thebaica ini memiliki bentuk buah yang agak lonjong, dan berwarna merah jingga. Dan buah ini juga memiliki aroma yang khas dan memiliki rasa yang manis seperti gingerbread/roti jahe.

Nah, bagaimana cara mengolah buah zuriat? Yuk siamk artikel berikut ini untuk mengetahui lebih jelasnya.

6 Cara Mengolah Buah Zuriat yang Praktis Dan Mudah

Cara mengolah buah zuriat masih belum banyak di ketahui orang. Sehingga, buah zuriat yang kaya manfaat ini seringkali di kansumsi dengan cara memakannya langsung. Namun, sebenarnya ada beberapa cara mengolah buah zuriat yang bisa di lakukan sebelum mengkonsumsi nya.

Pengolahan buah zuriat ini di lakukan untuk memaksimalkan manfaat yang akan di peroleh dari buah yang berasal dari daerah timur tengah ini. Di bawah ini sedikit ulasan mengenai bagaimana cara mengolah buah zuriat yang bisa membantu Anda!

1. Cara Mengolah Buah Zuriat Metode 1

  • Pertama, potong buah zuriat menjadi dua bagian dengan menggunakan pisau. Pastikan pisau yang Anda gunakan adalah pisau yang tajam karena hal ini akan memudahkan Anda dalam proses pemotongan biji di dalam buah zuriat yang sangat keras.
  • Kemudian buah zuriat dan bijinya di potong kecil-kecil.
  • Lalu rebus buah zuriat tersebut dengan 1 gelas air sampai hanya tinggal 1/3 gelas atau sampai warna airnya menjadi coklat keruh seperti warna teh.
  • Air rebusan buah zuriat ini dapat di minum secara rutin 2 kali dalam sehari, yaitu pada waktu pagi hari dan malam hari.

2. Cara Mengolah Buah Zuriat Metode 2

  • Potong buah zuriat menjadi dua bagian.
  • Lalu, ambil bagian daging yang berwarna putih saja.
  • Setelah itu, potong lagi buah zuriat menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.
  • Kemudian buah zuriat di rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 ½ gelasnya saja.
  • Setelah itu, tambahkan gula atau madu.
  • Minumlah air rebusan buah zuriat secara rutin 2 kali satu hari.

3. Cara Mengolah Buah Zuriat Metode 3

  • Pertama, siapkan 2 buah Zuriat, lalu kupas buah zuriat tersebut hingga kulitnya hilang, dan hanya menyisakan daging buah nya yang berwarna putih.m saja.
  • Setelah itu, potong daging buah zuriat menjadi potongan-potongan kecil.
  • Kemudian rebus selama setengah jam atau sampai warna air rebusannya berubah menjadi warna coklat.
  • Minumlah air rebusan tersebut secara rutin.
  • Daging buah zuriat yang sudah di potong dapat di rebus berulang-ulang kali hingga airnya tidak lagi berwarna coklat.

4. Cara Mengolah Buah Zuriat Metode 4

  • Siapkan 2 biji zuriat, dan kupas bersih kulitnya.
  • Rebus kulit buah zuriat selama 15 menit dengan 5 gelas air.
  • Kemudian biarkan air rebusan itu selama 6 jam.
  • Setelah itu, haluskan kulit buah zuriat bersama dengan air rebusannya tadi.
  • Terakhir, lakukan penyaringan untuk memisahkan ampas yang di hasilkan dari kulit buah zuriat itu sendiri. Lalu, airnya bisa Anda minum.

5. Cara Mengolah Buah Zuriat Metode 5

  • Pertama, hancurkan buah zuriat yang masih utuh menggunakan palu atau benda keras lainnya yang bisa di gunakan untuk menghancurkan buah ini.
  • Langkah selanjutnya adalah menghaluskan bijinya hingga teksturnya menjadi bubuk. Ingat! Anda hanya perlu menghaluskan bijinya saja.
  • Biji buah zuriat yang sudah menjadi bubuk itu bisa Anda konsumsi dengan cara di campur dengan minuman baik berupa susu ataupun teh, atau bisa juga di gunakan sebagai bahan campuran kue. Bahkan, Anda juga bisa memakannya secara langsung.

6. Cara Mengolah Buah Zuriat Untuk Program Hamil

  • Siapkan 2 biji buah zuriat utuh, lalu potong hingga menjadi bagian kecil-kecil.
  • Setelah dipotong, rebus dengan 6 gelas air. Perebusan bisa di hentikan apabila air rebusan biji buah zuriat berubah warna menjadi coklat seperti teh.
  • Minumlah air rebusan zuriat ini 2 kali sehari pada saat pagi hari dan sore hari.
  • Buah zuriat ini bisa di gunakan untuk 2-3 kali untuk rebusan. Atau sampai air rebusan sudah tidak berwarna coklat tua seperti pada rebusan pertama.

Untuk program hamil di sarankan untuk rutin mengkonsumsi air rebusan buah zuriat ini selama 44 hari. Apabila dalam 44 hari kemudian kehamilan terdeteksi . Konsumsi air rebusan buah zuriat bisa di hentikan. Tapi, jika Anda berniat untuk menjaga kesehatan, Anda bisa tetap mengkonsumsi air rebusan buah zuriat ini secara rutin dan teratur.

Baca Juga : Tips Membuat Pohon Pepaya Pendek Dan Lebat dan Jenisnya

Manfaat Buah Zuriat Untuk Tubuh

Buah zuriat  memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, apalagi di tambah dengan pengolahan yang benar tentu akan memaksimalkan manfaat yang bisa di peroleh dari buah  itu sendiri. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa di peroleh dari buah zuriat.

Melindungi Fungsi Jantung

Ada beberapa kandungan dalam buah zuriat yang terbukti dapat memperlancar aliran darah. Karena kemampuannya itu maka buah ini mampu mengurangi kemungkinan pembentukan plak pada pembuluh darah akibat kolesterol yang tidak terkontrol.

Kolesterol yang tinggi juga dapat mengakibatkan penderita nya mengalami penyakit hati kronis dan berbagai penyakit lain yang menggangu. Oleh karena itu, dengan rutin mengkonsumsi buah zuriat dapat membantu membuat jantung Anda lebih sehat dan jauh dari penyakit.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bukan hanya bermanfaat untuk pembuluh darah dan kesehatan jantung, beberapa senyawa yang terdapat pada buah zuriat juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena sifat anti mikroba nya. Hal tersebut tersebut dapat melindungi tubuh dari serangan jamur, bakteri, bahkan virus-virus lainnya.

Membantu Meningkatkan Energi Dan Suasana Hati

Vitamin B kompleks yang ada pada buah zuriat terbukti mampu mengembalikan energi dan memperbaiki suasana hati. Banyak  penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin B kompleks dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kinerja kognitif pada tubuh manusia.

Memperkuat Tulang

Kalsium yang terdapat dalam buah zuriat memungkinkan menjaga kekuatan tulang. Kandungan mineral tunggal ini di kenal sebagai salah satu komponen pembentuk tulang pada tubuh. Orang dewasa di atas usia 30 tahun, akan mengalami penurunan kalsium dalam tulang nya.

Nah, rendahnya kandungan kalsium ini akan dapat menyebabkan penyakit osteoporosis. Maka dari itu mengkonsumsi makanan dengan komposisi kalsium yang cukup seperti buah zuriat ini akan membantu mencegah kekurangan kalsium dalam tulang Anda.

Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan sebuah kondisi dimana terdapat gumpalan zat yang dapat terbentuk pada urine yang pekat. Tentunya masalah batu ginjal ini dapat di cegah dengan meningkatkan kebutuhan kalium tubuh secara teratur. Buah zuriat ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin memenuhi kebutuhan kalium dalam tubuh.

Itulah sederet ulasan mengenai cara mengolah buah zuriat yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan manfaat dari buah zuriat itu sendiri. Selamat mencoba!

Bagikan:
close