Kutu putih sering membuat pusing karena bisa menyebabkan tanaman layu dan akhirnya mati, termasuk pada cabe. Berbagai cara membasmi kutu putih pada tanaman cabe sudah dilakukan tetapi hasilnya sama saja, hama tersebut tidak juga hilang.

Kutu putih memang termasuk jenis hama yang mudah sekali menempel pada tanaman, dan sangat sulit dibasmi. Hewan tersebut merusak tanaman dengan cara mengeluarkan sejenis cairan yang membuatnya lengket pada tanaman. Inilah juga yang menyebabkan kutu putih sulit dihilangkan.

Akibat serangan kutu putih pada tanaman, bukan saja menyebabkan tumbuhan tersebut layu dan mati, tetapi juga bisa membahayakan manusia. Kalau secara tidak sengaja Sahabat menyentuh tanaman yang terkena hama tersebut, bisa mengalami gatal-gatal pada kulit.

Jika tidak segera diberantas, hama putih pada tanaman cabe akan menyebabkan bunganya rontok dan gagal berbuah. Selain itu, hama putih sangat cepat merambat ke tanaman lainnya yang jaraknya relatif dekat, sehingga bisa merusak semua tumbuhan yang ada.

Namun sebenarnya ada cara memberantas hama putih pada cabe yang mudah dilakukan, bahkan tanpa harus menggunakan pestisida berbahaya. Bagaimana caranya? Silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga:

6 Cara Membasmi Kutu Putih pada Tanaman Cabe Tanpa Bahan Kimia

Pada prinsipnya, cara untuk membasmi hama kutu putih pada cabe bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Selengkapnya tentang cara membasmi kutu putih pada tanaman cabe dengan alami dapat dilihat di bawah ini.

1. Pangkas pada Bagian yang Kena Hama

Pangkas pada Bagian yang Kena Hama

Cara yang pertama sangat mudah, yaitu pangkas bagian tanaman yang telah diserang oleh hama putih. Biasanya, hama kutu putih menempel pada daun dan dahan, jadi perhatikan baik-baik pada bagian tersebut.

Pangkas atau potong bagian tumbuhan yang sudah terinfeksi kutu putih supaya tidak menjalar ke seluruh tanaman. Setelah selesai memangkas, jangan lupa perhatikan pada tangan Sahabat baik-baik, apakah ada yang kutu yang menempel atau tidak.

Jika ada kutu putih yang menempel pada tangan, sebaiknya langsung dibersihkan supaya tidak gatal dan tidak menempel pada tanaman lagi.

2. Gunakan Sabun Cuci Piring

Gunakan Sabun Cuci Piring

Membasmi kutu putih dapat dilakukan dengan bahan yang ada di dapur, yakni sabun cuci piring. Cara mengatasi kutu putih dengan sabun cuci piring sangat mudah, yaitu :

  • Tuangkan beberapa tetes sabun cuci piring cair ke dalam air hangat.
  • Masukkan ke dalam botol semprot lalu kocok hingga menghasilkan busa.
  • Semprotkan pada bagian tanaman yang ada kutu putihnya.
  • Tunggu sampai 15 menit, dan kutu putih akan mulai mati

3. Menggunakan Pestisida Alami

Menggunakan Pestisida Alami

Cara membasmi kutu putih pada tanaman cabe menggunakan bahan kimia mungkin lebih cepat hasilnya, tapi memiliki efek jangka panjang yang kurang menguntungkan kesehatan. Ada cara yang lebih aman untuk dilakukan, yaitu menggunakan pestisida alami seperti bawang putih.

Ya, bumbu dapur tersebut ternyata bisa dipakai sebagai pestisida alami untuk membasmi kutu putih. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

  • Ambil satu siung bawang putih dan bawang bombay, haluskan.
  • Campurkan dengan pasta cabe rawit.
  • Larutkan ketiga bahan tersebut dengan air sebanyak 1 liter, diamkan sekitar satu jam.
  • Setelah itu, saring airnya dan campur dengan sabun cuci piring 1 sendok makan.
  • Larutkan, lalu tuangkan pada botol semprot
  • Gunakan larutan tersebut untuk menyemprot bagian tanaman yang kena kutu putih.
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.